Selamat Datang Di Blog Saya

Kekayaan Laut Flores

Kamis, 07 Mei 2020

Lokasi Laut Flores
Sumber: Wikipedia
      Laut Flores merupakan salah satu perairan nusantara yang terletak di Utara Pulau Flores, laut ini berbatasan dengan Laut Bali di Barat, Laut Jawa di Barat Laut, Laut Banda di Timur, serta Samudera Hindia dan Laut Sawu di Selatan. Dengan luas perairan 240.000 km2 dan kedalaman hingga 5.123 m, menjadikan Laut Flores sebagai laut terdalam Indonesia selain Laut Sulawesi, Laut Sawu, Laut Arafura, dan Laut Timor.
Organisasi Hidrografi Internasional (IHO), mendefinisikan Laut Flores sebagai bagian perairan dari Kepulauan Hindia Timur (East Indian Archipelago). Selain itu IHO juga mendefinisikan batas – batas Laut Flores secara rinci sebagai berikut :

  • Di Utara berbatasan dengan Pantai Selatan Sulawesi dari titik paling Barat Teluk Laikang hingga Tanjung Lassa.
  • Di Timur berbatasan dengan batas Barat Laut Banda antara Pulau Flores dan Sulawesi ke Pulau Kalaotoa.
  • Di Selatan berbatasan dengan Pantai Utara Flores, Komodo, Banta, dan sebuah garis ke Tanjung Naru, lalu sepanjang Pantai Utara Sumbawa.
  • Di Barat batasnya dari Tanjung Sarokaya ke titik paling Barat Kepulauan Tengah lalu ke titik paling Utara Kepulauan Sabalana hingga Teluk Laikang.
      Laut Flores merupakan perairan dengan kekayaan yang cukup melimpah, baik dari segi sumber daya alam maupun potensi wisatanya. Daerah perairan di Nusa Tenggara Timur, terutama Laut Flores memiliki sumber daya yang melimpah. Salah satunya adalah rumput laut yang juga  dibangun tempat budidaya rumput laut untuk mengembangkan potensinya. Untuk potensi wisata, surge bawah laut di Laut Flores tidak perlu dipertanyakan lagi. Salah satu tempatnya ada di Selat Meko, Flores Timur yang menyuguhkan beranekarakam terumbu karang dan ikan – ikan yang menghuninya. Selain itu spot diving juga terdapat di Pantai Pink, Pulau Bidadari, Teluk Manere dan Pulau Kanawa. Hal ini membuat di Laut Flores dijadikan destinasi wisatawan dalam dan luar negeri.
Potensi Wisata Laut Flores
Sumber: Ilmugeografi
      Sebagai salah satu wilayah konservasi di Indonesia, Laut Flores merupakan perairan yang rawan akan penangkapan ikan secara ilegal. Beberapa contohnya adalah penangkapan ikan menggunakan bahan peledak dan racun. Jika hal ini tetap berlangsung, kondisi ekosistem hayati di Laut Flores dapat terancam. Selain itu, di Laut Flores juga terdapat daerah konsevasi Komodo di Pulau Komodo, Pulau Rinca, Pesisir Barat Pulau Flores, dan beberapa pulau kecil lainnya.
Panjang Rata - Rata Tangkapan Ikan Cakalang di Laut Flores
Sumber: Achmar Malawa dkk, 2014
      Untuk potensi perikanan, Laut Flores masuk ke WPP-RI 713 yang menurut Komisi Nasional Pendugaan Stok Ikan Laut Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (1998) memiliki potensi biomassa sebesar 56.888 ton/tahun dengan didominasi ikan cakalang sebesar 28.449 ton/tahun. Laut Flores menjadi daerah penangkapan ikan cakalang dari berbagai daerah. Selain ikan cakalang, ikan layang juga memiliki potensi yang besar di Laut Flores. Bahkan oleh nelayan Sulawesi Selatan, ikan layang memiliki peran yang besar dalam perekonomian nelayan dengan tangkapan 25.203,6 ton dan nilai produksi Rp 98.312.840,00 pada tahun 2002 (Najamuddin, 2004). Meski potensi ikan layang yang besar, status pemanfaatan ikan layang di Laut Flores sudah masuk kategori padat eksploitasi (Husain L, 2010). Hal ini membuat pemanfaatan ikan layang perlu perhatian lebih lanjut untuk menjaga kelestariannya.
Tingkat Pemanfaatan Ikan Layang di Laut Flores
Sumber: Husain Latukonsina, 2010
Referensi:
Anonim. 2019. Laut Flores. https://id.wikipedia.org/wiki/Laut_Flores 
Ilmugeografi. Laut Flores : Batas-Batas Wilayah dan Jenis Wisatanya. https://ilmugeografi.com/ilmu-bumi/laut/laut-flores.
Latukonsina, Husain. 2010. Pendugaan Potensi dan Tingkat Pemanfaatan Ikan Layang (Decapterus spp) di Perairan Laut Flores Sulawesi Selatan. Jurnal Ilmiah Agribisnis dan Perikanan, Volume 3, Edisi 2, Oktober 2010 (Hal 47 - 54).
Malawa, Achmar dkk. 2014. Keragaan Biologi Populasi Ikan Cakalang (Katsuwonus pelamis) yang Tertangkap dengan Purse Seine pada Musim Timur di Perairan Laut Flores. Jurnal IPTEKS PSP, Vol. 1 (2), Oktober 2014 (Hal 129 - 145).
Pradewa, Adib Putra. 2019. Mengenal Laut Indonesia: Laut Flores. https://oceanpulse.id/mengenal-laut-indonesia-laut-flores/
Share this article :

2 komentar:

  1. Kurang detail ya pembahasan potensi kekayaannya. Ikan hanya tertentu saja yang disebut. Kalimat sudah baik, tapi perlu dituliskan kembali dengan gaya bahasa sendiri untuk mencegah plagiat.

    BalasHapus
  2. Gambarnya terlalu kecil lang, dan bahasanya juga agak kaku gitu. Semogaa di penulisan selanjutnya akan lebih baik ya. Semangat yaaaa

    BalasHapus

Arsip Blog

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Fauzan Rizky - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Inspired by Sportapolis Shape5.com
Proudly powered by Blogger